English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

MODUL : PENGENALAN PEMOGRAMAN BORLAND DELPHI


Borland Delphi adalah suatu program berbasis bahasa Pascal yang berjalan dalam lingkungan Sistem Operasi Windows. Borland Delphi dapat membantu untuk membuat berbagai macam aplikasi mulai dari sebuah program sederhana sampai dengan program yang berbasiskan client/server atau jaringan. Borland Delphi, termasuk aplikasi yang dapat digunakan untuk mengolah teks, grafik, angka, database dan aplikasi web.

Untuk mempermudah pemrogram dalam membuat program aplikasi, Borland Delphi menyediakan fasilitas pemrograman yang sangat lengkap. Fasilitas pemrograman tersebut dibagi dalam dua kelompok, yaitu object dan bahasa pemrograman. Secara ringkas object adalah suatu komponen yang mempunyai bentuk fisik dan biasanya dapat dilihat (visual). Object biasanya dipakai untuk melakukan tugas tertentu dan mempunyai batasan-batasan tertentu. Sedangkan bahasa pemrograman secara singkat dapat disebut sebagai sekumpulan teks yang mempunyai arti tertentu dan disusun dengan aturan tertentu serta untuk menjalankan tugas tertentu. Gabungan dari object dan bahasa pemrograman ini sering disebut sebagai bahasa pemrograman berorientasi object atau Object Oriented Programming (OOP)

Khusus untuk pemrograman database, Borland Delphi menyediakan object yang sangat kuat, canggih dan lengkap, sehingga memudahkan pemrogram dalam merancang, membuat dan menyelesaikan aplikasi database yang diinginkan. Selain itu Delphi juga dapat menangani data dalam berbagai format database, misalnya format Ms-Access, SyBase, Oracle, Interbase, FoxPro, Informix, DB2 dan lain-lain. Format database yang dianggap asli dari Borland Delphi adalah Paradox dan dBase.
Borland Delphi merupakan pilihan bagi sebagian kalangan programmer untuk membuat aplikasi. Hal ini disebabkan kelebihan yang ada pada Borland Delphi 7. Berikut ini sebagian kecil dari banyak kelebihan Borland Delphi :

• Berbasis Object Oriented Programming (OOP).
Setiap bagian yang ada pada program dipandang sebagai suatu object yang mempunyai sifat-sifat yang dapat diubah dan diatur.
• Satu file .exe.
Setelah program dirancang dalam IDE (Intergrated Development Environment) Delphi, Borland Delphi akan mengkompilasinya menjadi sebuah file executable tunggal. Program yang dibuat dapat langsung didistribusikan dan dijalankan pada komputer lain tanpa perlu menyertakan file DLL dari luar. Ini merupakan sebuah kelebihan yang sangat berarti.

Untuk dapat melakukan instalasi dan menggunakan Borland Delphi 7 dengan normal, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, yaitu sebagai berikut :
• Prosesor
Prosessor Pentium 233 MHZ atau yang lebih tinggi.
• Sistem Operasi
Microsoft Windows XP, Windows 2000, atau Windows 98.
• Memory
Membutuhkan RAM 64 MB untuk edisi Architect, Enterprise dan Professional, kecuali untuk edisi Personal 32 MB. Disarankan 128 MB.

Berikut Lingkungan kerja Borland Delphi dapat dilihat pada gambar di bawah ini.



Related Posts by Categories



1 komentar:

alber mengatakan...

hajar lagi bang...
biar tambah terkenal di publik MI

Posting Komentar

Tolong beri komentar/pesan anda

Share |
Science Blogs Science Blogs - BlogCatalog Blog Directory Computers Top Blogs DigNow.net GoLedy.com TopOfBlogs Science (Experiments) - TOP.ORG Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Google bot last visit powered by Bots Visit