English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

PEMAHAMAN DAN MAKNA DUA KALIMAT SYAHADAT BAGI UMAT ISLAM

1. Laa ilaha illa-llah Kalimat Laa ilaha illa-llah terdiri atas tiga huruf: alif, lam, dan ha. Namun, rangkaian kata-kata ini mengandung pengertian yang menjadi inti dari seluruh ajaran Islam. Menurut ilmu Nahwu (gramatika Arab), kata Laa di sini merupakan bentuk nafi, yaitu kata pengingkaran atau penolakan terhadap kata yang mengikutinya. Dia harus diartikan dengan "tidak", atau "tidak ada". Kata ilaha merupakan yang ditolak oleh kata Laa itu. Secara etimologis, ilah mengandung arti al-ma’bud (yang diabdi/disembah), yang dalam Bahasa Arab berarti: 1. A1 mahbub, sesuatu yang dicintai dengan sepenuh hati, 2. Al marhub, sesuatu yang ditakuti, 3. Al marghub, sesuatu yang diharapkan pertolongannya, 4. Al matbu', sesuatu yang diikuti perintah-perintahnya dan dijauhi larangan-larangannya. Jadi, ilah merupakan sesembahan yang dipuja atau diagungkan dengan penuh cinta, takut, dan harap. Menurut 'Ibn Taymiyah, seorang pembaharu yang dikenal konsisten, "Ilah adalah segala sesuatu yang digandrungi atau dicenderungi oleh hati manusia dengan penuh rasa cinta, takut, dan harap, sehingga orang yang cenderung tersebut mau mengabdikan diri kepadanya'. Kalimat Laa ilaha (tiada ilah) di sini dimaksudkan sebagai penolakan total terhadap segala jenis sesembahan yang ada di muka bumi. Kata illa disebut kalimatul-itsbat, yaitu peneguhan atau pengokohan bagi kata yang di belakangnya. Di sini, Allah adalah Al-Mutsbat atau yang diteguhkan dengan pernyataan "kecuali hanya Allah" tersebut. Dengan demikian, Laa ilaha illa-Llah mengandung pengingkaran terhadap segala jenis ilah dan penerimaan total terhadap Allah 'Azza Wa Jalla sebagai satu-satunya ilah (sesembahan). Oleh karena itu, kalimat syahadat pertama Laa ilaha illa-Llah berma'na "Tiada yang wajib diabdi (disembah) kecuali hanya Allah". Artinya segala bentuk pengabdian kepada selain Allah, baik berbentuk pengingkaran atau pengkufuran, baik merupakan keyakinan atau hanya sekedar ucapan lisan, adalah suatu pelanggaran terhadap Tauhid (syirik).

Banyak orang secara sadar atau tidak terjerumus ke dalam syirik ini. Sebagai contoh, orang yang mengabdi pada kepentingan dirinya sendiri (egoisme), tak mau ikut aturan kecuali peraturan dirinya sendiri. Orang seperti ini tergolong sebagai orang yang memperilah (mempertuhankan) hawa nafsunya. Allah 'Azza Wa Jalla ber~rman: "Apakah kamu tidak melihat orang yang menjadikan hawa nafsu sebagai ilah (tuhan)? Apakah engkau dapat menjadi pemelihara atasnya?" (QS. Al Furqan : 43). Jika hawa nafsu pribadi seorang manusia saja dapat menjadi sesembahan, maka begitu pula hawa nafsu manusia lain pun terlebih lagi. Fir'aun merupakan penguasa yang menjadikan dirinya sebagai ilah. Ia memaksakan kehendaknya pada masyarakat. Ia berkeinginan agar seluruh rakyatnya tunduk dan patuh pada kemauan dan kehendaknya. Sikap Fir'aun ini tergambar dalam firman Allah: "Fir'aun berkata, "Wahai para pembesarku, aku tidak mengetahui sesembahan yang lain bagimu selain aku. Maka bakarlah hai Haman tanah liat untukku, kemudian buatlah untukku bangunan yang tinggi supaya aku dapat naik melihat ilah Musa. Dan sesungguhnya aku benar-benar yakin bahwa dia termasuk orang-orang pendusta, " (QS. Al Qashash : 38) Penguasa seperti Fir'aun selalu ada di setiap masa dan tempat. Karena itu, manusia banyak yang telah menjadikan para pemimpinnya sebagai ilah-ilah selain Allah. Penghambaan manusia kepada manusia lain merupakan problem terbesar sepanjang zaman. Agama yang dibawa para Rasul memang berupaya menghapus segala sesembahan (ilah), baik dari hawa nafsu seseorang maupun hawa nafsu sekelompok orang. Ilah tidak hanya berupa hawa nafsu manusia. Benda-benda mati yang tidak memberi manfaat atau pun mudharat juga bisa dijadikan ilah oleh manusia-manusia yang sesat. Cukup banyak orang beranggapan bahwa benda tertentu memiliki kekuatan atau kesaktian sehingga mereka menyanjung dan memujanya pada waktu tertentu dengan khusyu’. Maksud mereka agar mendapatkan perlindungan dan pertolongan dari ilah-ilah palsu tensebut. Tentang ini, Allah berfirman: "Mereka mengambil sesembahan-sesembahan selain Allah agar mereka mendapat pertolongan. Berhala-berhala itu tidak dapat menolong mereka, padahal mereka menjadi tentara yang dipersiapkan untuk menjaga berhala-berhala itu. " (QS. Yaa siin : 73-74) 2. Muhammad Rasulullah Bagian kedua dari dua kalimat syahadat adalah pernyataan Muhammad Rasulullah. Kalimat ini berma'na bahwa menerima cara pengabdian kepada Allah itu hanya dari Muhammad Shollallahu 'Alaihi Wa Sallam. Seorang yang bersyahadat wajib mengakui Muhammad sebagai aparat Ilahi untuk mengajarkan seluruh cara penghambaan diri kepada Allah. Mengakui syahadat pertama tetapi menolak kandungan syahadat yang kedua membuat syahadat seseorang tidak sah. Allah telah mempersiapkan pribadi Muhammad sebagai uswah (teladan) abadi bagi penganut Aqidah Tauhid. Tidak itu saja, kehidupan beliau bersama sahabat-sahabatnya merupakan contoh sistem masyarakat Islam yang paripurna. Firman Allah: "Sungguh telah ada bagi kamu dalam diri Rasulullah itu suri tauladan yang baik bagimu. Yaitu bagi mereka yang mengharapkan perjumpaan dengan Allah dan banyak menyebut nama Allah. " (QS. Al Ahzab : 21) Dengan pernyataan ayat ini, seorang muslim hanya dibenarkan menerima satu syariat saja dalam hidupnya (way of life), yaitu syariat Islam yang diajarkan oleh Muhammad. Syariat itu merupakan kelanjutan dari syariat para Rasul terdahulu. Dia bersifat universal dan berlaku sampai hari qiamat. Syariat itupun tidak ditujukan hanya untuk satu bangsa atau satu masa saja, melainkan untuk seluruh manusia dan berfungsi sebagai rahmat bagi semesta alam. “Dan tiadalah Aku utus engkau (Muhammad) melainkan untuk seluruh manusia, sebagai pembawa berita gembira dan pemberi peringatan, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.” (QS.Saba:28) “Dan tiadalah Aku utus engkau (Muhamad) melainkan sebagai rahmat bagi semesta alam.” (QS. Al Anbiyaa:107) Syariat Rasulullah berpangkal pada Al-Qur’an dan Sunnah. Kitabullah merupakan pedoman hidup seluruh kaum muslimin. Sedangkan hadits-hadits merupakan penjelas bagi Al-Qur’an setelah Al-Qur’an itu sendiri. Syariat Islam datang untuk menjelaskan seluruh aspek kehidupan manusia. Rasulullah adalah "The living Qur'an" (Al Qur'an yang hidup), beliau merupakan contoh pribadi yang dikehendaki Allah dalam kehidupan yang nyata. Ketika Aisyah, istri Rasulullah, ditanya tentang akhlak Rasulullah, Siti Aisyah menjawab: "Akhlak Rasulullah adalah Al Qur'an. " (Hadits) Syarat utama penerimaan syahadat adalah kesediaan untuk mengikuti pola hidup Muhammad Shollallhu 'Alaihi Wa Sallam dalam berbagai aspek: mengatur hubungannya dengan Rabb, menentukan halal dan haram, hukum pidana dan perdata, kemuliaan akhlak, hubungan sesama manusia, dan sebagainya. Keyakinan itu berdasarkan keterangan dari beliau sendiri: "Tidak beriman salah seorang di antaramu sebelum hawa nafsunya mengikuti apa yang aku (Muhammad) datangkan (Al-Islam). " (HR. Muslim)

Related Posts by Categories



2 komentar:

mursal mengatakan...

tank ya atas bantuannya

mursal mengatakan...

lebih lengkap lagi ada ga yang da hadist ma ayatnya ga?

Posting Komentar

Tolong beri komentar/pesan anda

Share |
Science Blogs Science Blogs - BlogCatalog Blog Directory Computers Top Blogs DigNow.net GoLedy.com TopOfBlogs Science (Experiments) - TOP.ORG Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Google bot last visit powered by Bots Visit